Jumat, 16 Maret 2018

Makalah CAD 2016 2D perkapalan polbeng 2017





LAPORAN
PRATIKUM CAD 1
(COMPUTER AIDED DESIGN)

 

DOSEN PEMBIMBING:
Afriantoni,ST.MT
Akmal Lazuardy,ST.MSc

DISUSUN OLEH:
Rinaldy Fernanda
1103171072








POLITEKNIK NEGERI BENGKALIS
JURUSAN TEKNIK PERKAPALAN
2017/2018
LEMBAR PENGESAHAN

Laporan ini Disusun Sebagai Syarat Telah Mengikuti Mata Kuliah Pratikum
CAD 1 dan Sebagai Sebagai Salah Satu Komponen Nilai Mata Kuliah CAD 1 Semester Ganjil (2017/2018) Jurusan Teknik Perkapalan
Politeknik Negeri Bengkalis




Disusun oleh:
Rinaldy Fernanda
1103171072


Disetujui dan disahkan
Pada tanggal,      Januari 2018





Mengetahui,
      
Dosen Pengampu Mata Kuliah




         Afriantoni,ST.MT                                                    Akmal Lazuardy,ST.MSc
    NIP.                                                                                        NIP.
KATA PENGANTAR

          Puji syukur saya ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan laporan ini. Tidak lupa shalawat serta salam senantiasa tercurahkan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW.
            Laporan yang disusun guna memenuhi tugas pratikum CAD 1 ini akhirnya selesai tepat waktu. Selain hasil dari kerja keras yang saya lakukan, tentunya tidak lepas dari bantuan berbagai pihak. Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu saya dalam penyusunan laporan ini.
Saya sadari bahwa laporan saya ini  sangat jauh dari sempurna. Oleh karena itu segala kritik dan saran yang membangun sangat saya harapkan demi kesempurnaan laporan berikutnya. Saya berharap semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi siapapun yang membacanya.



                                                                                         Bengkalis,13 Januari 2018




Penulis








DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL.....................................................................................................i                                                                                                                                                                      
LEMBAR PENGESAHAN............................................................................................ii
KATA PENGANTAR..................................................................................................iii
DAFTAR ISI...........................................................................................................iv
 
 
BAB I PENDAHULUAN........................................................................................1
 
1.1  Latar Belakang..........................................................................................1
1.2  Tujuan.......................................................................................................1
1.3  Manfaat.....................................................................................................2
 
BAB II PEMBAHASAN.........................................................................................3
 
2.1 Command Menggambar (DRAW) 2D......................................................3
2.1.1 Command Line..................................................................................3
2.1.2 Command Polygon............................................................................5
2.1.3 Command Circle...............................................................................5
2.1.4 Command Multyline Text.................................................................7
2.1.5 Command Hatch...............................................................................7
2.1.6 Command Polyline............................................................................8
2.1.7 Command Arc...................................................................................8
2.1.8 Command Rectangle.........................................................................8
2.1.9 Command Spline...............................................................................9
2.1.10 Command Ellips..............................................................................9
2.1.11 Command Revcloud......................................................................10
 
2.2 Command Mengedit (MODIFY)............................................................11
 
2.2.1 Command Erase..............................................................................11
2.2.2 Command Copy..............................................................................12
2.2.3 Command Mirror............................................................................12
2.2.4 Command Offset.............................................................................13
2.2.5 Command Array..............................................................................13
2.2.6 Command Move..............................................................................14
2.2.7 Command Rotate............................................................................15
2 .2 .8 Command Scale...............................................................................15
2 .2 .9 Command Trim................................................................................16
2 .2 .10 Command Extend...........................................................................16
2 .2 .11 Command Explode.........................................................................17
2 .2 .12 Command Break.............................................................................17
2 .2 .13 Command Chamfer........................................................................17
2 .2 .14 Command Fillet..............................................................................18
2 .2 .15 Command Join...............................................................................19
2 .2 .16 Command Stretch...........................................................................19
2 .2 .17 Command Dimmension.................................................................20

BAB IIII PENUTUP.........................................................................................................................................................................21

3.1 Kesimpulan.....................................................................................................................21

3.2 Saran................................................................................................................................21


BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) pada jaman yang modern seperti saat ini, dunia industri galangan juga semakin berkembang. Banyak industri galangan yang mencoba untuk mengembangkan produknya dengan sedikit memodifikasi produk yang lama menjadi suatu produk baru. Hal tersebut tentunya untuk menarik konsumen agar membeli produk industri tersebut.
Untuk bisa memodifikasi suatu produk,mahasiswa harus bisa mendesain suatu produk yang ingin di hasilkan. Desain suatu produk tersebut dapat di lihat dari gambar yang telah dibuat. Dari gambar, suatu industri akan melakukan proses produksi untuk menghasilkan produk sesuai yang diinginkan.
Banyak sekali ilmu-ilmu yang mempelajari tentang desain, salah satunya adalah gambar konstruksi kapal yang menggunakan autocad. Autocad adalah salah satu dari banyak aplikasi yang sering digunakan untuk menggambar desain. Saat ini autocad banyak digunakan untuk mengembangkan desain produk. Selain mempunyai banyak keunggulan, autocad juga bisa di terapkan dalam dunia kerja. Oleh karena itu ilmu tentang autocad ini penting untuk dipelajari oleh seorang desainer maupun mahasiswa perkapalan.

1.2  Tujuan

Tujuan yang ingin dicapai setelah  melakukan pratikum CAD 1 antara lain :
1.      mahasiswa dapat mengambar dengan baik dan benar,
2.      mahasiswa dapat memahami command autocad,
3.      mahasiswa dapat menggambar 2D dan 3D pada autocad,
4.      mahasiswa dapat membuat konstruksi kapal.


1.3  Manfaat

Manfaat yang ingin dicapai setelah  mahasiswa melakukan pratikum CAD 1 antara lain :
1.      mahasiswa mengetahui cara menggambar autocad yang baik dan benar,
2.      mahasiswa memahami tentang command di autocad,
3.      mahasiswa mempunyai wawasan tentang autocad 2D dan 3D,
4.      mahasiswa mempunyai ilmu menggambar kontruksi kapal.





BAB II
PEMBAHASAN
2.1.  Command Menggambar 2D
2.1.1. Line
Pada umumnya  sebuah  gambar  teknik  sebagian besar  terdiri dari garis. Terbentuknya  garis  karena  dua  titik yang dihubungkan. Jadi kalau ada banyak garis berarti ada banyak titik yang saling dihubungkan.
Command:L




Gambar 1.Command Line
Command: line
Command: _line Specify first point: (tentukan titik awal)
Setelah titik awal ditentukan, maka akan tampil lagi perintah sebagai berikut :
Specify next point or [Undo]: (pilih titik kedua atau titik berikutnya)
Specify next point or [Close/Undo]: (tentukan titik ketiga atau berikutnya)
Specify next point or [Close/Undo]: (tentukan titik keempat atau berikutnya)

AutoCAD  akan  terus  menampilkan  perintah  next  point  selama  masih  dipilih  titik berikutnya,  dan  untuk mengakhiri perintah line tekan <enter>. Untuk membuat garis bersudut ikuti langkahlangkah berikut: klik kanan panel polar  klik setting (untuk mengatur besar sudut garis yang akan dibuat. contoh: sudut 30 derajat) ganti angka 90 dengan 30 – klik ok.






1. Koordinat Absolut




Gambar 2.Koordinat absolut
2.Koordinat Relatif




Gambar 3.Koordinat relatif
3.Koordinat Polar





Gambar 4.Koordinat  polar


2.1.2 Polygon
Dengan perintah polygon kita bisa menggambar segitiga, segi empat, segi lima, bahkan segi banyak. Bentuk umum dari perintah polygon sebagai berikut :
Command:Pol




Gambar 5.Command Polygon
Command:polygon
Command:polygon Enter number of sides <4>: (masukkan segi berapa)
Specify center of polygon or [Edge]: (tentukan pusatnya)
Enter an option [Inscribed in circle/Circumscribed about circle] <I>: I
Specify radius of circle: (masukkan besar radius)<enter>

2.1.3  Circle
Perintah circle digunakan untuk membuat lingkaran. Bentuk umum dari perintah circle sebagai berikut :
Command:C




Gambar 6.Command Circle
Command:circle
Command: circle Specify center point for circle or [3P/2P/Ttr (tan tan
radius)]: (tentukan pusat lingkaran)
Specify radius of circle or [Diameter]: (masukkan besar diameter)


1.Radius
Memasukan Nilai Atau Temukan Satu Titik.

2.Diameter
Masukkan Nilai, Atau Tentukan Titik Kedua.


3.3P (tiga poin)

Membuat lingkaran berdasarkan tiga titik di lingkar.


4.Tan, Tan, Tan

Membuat lingkaran bersinggungan dengan tiga benda.


5.2P (Dua Poin)

Buat lingkaran berdasarkan dua titik akhir diameter.


6. TTR (Tangent, Tangent, Radius)

Membuat lingkaran dengan radius tertentu dan bersinggungan dengan dua benda.
Terkadang lebih dari satu lingkaran sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Program menarik lingkaran radius yang ditentukan yang titik singgung terdekat dengan titik yang dipilih.

Gambar 7. Jenis-Jenis Circle


2.1.4 Multiline text
Perintah ini digunakan untuk membuat text. Bentuk umum dari perintah multiline text sebagai berikut :
Command:T




Gambar 8. Command Multiline Text

2.1.5  Hatch
Perintah hatch digunakan untuk mengarsir. Bentuk umum dari perintah hatch sebagai berikut :
Command:H




Gambar 9. Command Hatch




2.1.6 Polyline
Garis satu kesatuan yang dapat diatur ketebalanya pada awal - maupun ujungnya. Jenis lain dari polyline adalah 3D Polyline, dimana sifatnya sama dengan garis polyline tetapi pengaturan ketebalanya dapat dilakukan terhadap
tinggi obyek.
Command:Pl




Gambar 10. Command Polyline
2.1.7 Arc
Arc adalah perintah untuk membuat busur lingkaran atau garis - lengkung.
Command:A




Gambar 11.Command Arc
2.1.8 Rectangle
Rectangle adalah perintah untuk membuat kotak dengan cara menentukan titik diagonal. Rectangle dibuat dari Polyline, yaitu obyek yang semua segmenya merupakan satu besaran.
Command:Rec




Gambar 12. Command Rectangle


2.1.9 Spline
Spline adalah perintah untuk membuat kurva spline dengan mengikuti beberapa titik kontrol yang dimasukkan sesuai dengan besar - toleransinya.
Command:Spl





Gambar 13. Command Spline
2.1.10  Ellips
Ellipse adalah perintah untuk membuat elips, yaitu suatu kurva ( obyek tertutup yang melengkung ) yang memiliki dua sumbu, yaitu sumbu mayor dan sumbu minor.
Command:El



Gambar 14.Comand Ellips


2.1.11 Revcloud
membuat awan revisi baru dengan memilih dua titik sudut atau titik poligonal, menyeret kursor, atau Anda dapat mengubah objek seperti lingkaran, polyline, spline, atau elips menjadi awan.
Command:Cl



Gambar 15. Command Revcloud
1.        MENU DRAW
Gambar 16. Menu Draw
2.2    Command Mengedit (Modify)
2.2.1   Erase
Untuk menghapus suatu obyek, gambar yang mirip dengan penghapus pensil.
Command:E




Gambar 16. Command Erase
Command: _erase
Select objects: (pilih obyek yang akan dihapus)
Select objects: <enter>



2.2.2  Copy
Perintah ini digunakan untuk memperbanyak obyek. Hasil copy mempunyai ukuran dan orientasi yang sama seperti obyek asalnya dan merupakan obyek yang berdiri sendiri.
Command:Co




Gambar 17. Command Copy
Command: _copy
Select objects: (pilih obyek yang akan di copy)
Select objects:
Specify base point or displacement, or [Multiple]: (tentukan base point)
displacement or <use first point as displacement>: (masukkan jarak yang diinginkan).
2.2.3 Mirror
Membuat  copy  suatu  obyek  yang  bersifat  pencerminan  sehingga  tidak perlu menggambar ulang.
Command:Mi




Gambar 18.Command Mirror




2.2.4  Offset
Digunakan untuk meng-copy keluar atau kedalam obyek.
Command:O




Gambar 19.Command Offset

Command : Offset
O (enter)
lihat pada Command Bar :
Specify Offset distance or [Through/Erase/Layer]
ketik angka 1 (enter)
maka kursor akan berubah bentuk menjadi kotak
klik pada garis tegak lurus
garis akan berubah menjadi putus-putus
lalu klik sembarang di sebelah kana
n garis, maka akan muncul garis dengan ukuran yang sama dengan jarak 1 satuan.
2.2.5  Array
Perintah  array  fungsinya  hampir  sama  dengan  perintah  copy, akan  tetapi  perintah  array  digunakan untuk jumlah yang banyak dan dalam jarak yang tetap
Command:Ar




Gambar 20. Command Array

1.Rectangular Array

Membuat array dari baris dan kolom dari salinan dari objek yang dipilih.
Objek yang dipilih, atau elemen landasan, diasumsikan berada di sudut kiri bawah, dan menghasilkan susunan ke atas dan ke kanan.

2.Polar Array

Membuat array dengan menyalin objek yang dipilih di sekitar titik pusat yang ditentukan.
Dalam array polar, titik referensi dari objek terakhir dalam kumpulan pilihan digunakan untuk semua objek. 










Gambar 21. Jenis-Jenis Array
2.2.6  Move
Digunakan untuk memindah suatu obyek dari suatu tempat ke tempat lain di area workspace.
Command:M



Gambar 22. Command Move
Command : Move
> M (enter)
> klik pada objek
garis objek yang terpilih akan berubah menjadi putus-putus
> tekan enter
> klik sembarang lalu geserkan ke arah yang diinginkan
> klik jika sudah menemukan tempat yang dinginkan

2.2.7   Rotate
Perintah rotate berfungsi untuk memutar suatu obyek.
Command:Ro




Gambar 23. Command Rotate
2.2.8   Scale
Digunakan untuk memperbesar atau memperkecil suatu obyek.
Command: Sc




Gambar 24.Command Scale


2.2.9  Trim 
Perintah ini digunakan untuk memotong obyek dengan dibatasi obyek yang lain.
Command:Tr




Gambar 25. Command Trim
2.2.10   Extend
Perintah extend dipakai untuk memperpanjang obyek sampai pada batas yang dipilih.
Command:Ex




Gambar 26. Command Extend




 Command : Extend
> EX (enter)
> klik garis titik a
garis akan berubah menjadi putus-putus
> tekan enter
> klin garis pada titik b
garis b akan memanjang sampai pada batas garis a  bertemu pada titik x
> tekan enter tuntuk mengakhiri




2.2.11  Explode
Perintah  explode  dipakai  untuk  memecah  obyek  yang menyatu,  misalnya  obyek  rectangle  dipecah menjadi garis.
Command:X



Gambar 27. Command Explode
2.2.12  Break
Menghapus sebagian obyek atau memisahkan satu obyek menjadi dua
Command:Br



Gambar 28. Command Break
2.2.13  Chamfer
 Untuk membuat garis miring antara dua garis horizontal dan vertical
          Command:Ch



Gambar 29. Command Chamfer
2.2.14  Fillet
Menghubungkan dua obyek dengan busur berjari-jari tertentu
Command:F



Gambar 30.Command Fillet
Command : Fillet
> F (enter)
> pastikan pada command bar, radius menunjukan nilai 0.0000
> klik pada titik a
> klik pada titik b
> maka dua garus tersebut akan menyambung pada satu sudut lancip, seperti gambar dibawah ini :

2.2.15   Join
Menyambung antara 2 garis menjadi satu kesatuan (polyline).
Command: J




Gambar 31.Command Join
2.2.16  Stretch
Untuk memperpanjang/memperpendek object(gambar).
Command:S



Gambar 32.Command Stretch


2.2.17  Dimension
Untuk mengukur atau menghitung dimensi obyek yang sedang di gambar.
Command:Dim




Gambar 33.Command Dimension
2.        MENU MODIFY


Gambar 34. Menu Modify



BAB III
PENUTUP
5.1 Kesimpulan
Pratikum auotocad telah terselesaikan dengan baik berkat bimbingan bapak dosen,baik dari menu draw dan modify beserta comand-comand di dalamnya.
Penyusun mengucapkan terima kasih atas ilmu yang telah diberikan selama perkuiahan pratikum berlangsung dan bapak dosen mau meluangkan waktunya untuk membimbing para mahasiswa dalam pratikum AUTOCAD 2016.
5.2 Saran
Walaupun  penyusun berharap suatu kesempurnaan dalam laporan pratikum CAD 1 ini, namun tetap saja faktanya masih begitu banyak kesalahan dan kekurangan yang terdapat pada laporan ini sehingga perlu dilakukan perbaikan yang lebih.
Dikarenakan masih kurangnya pengetahuan penyusun akan laporan  CAD 1 ini. Oleh sebab itu saran dan kritikan dari para pembaca sekalian sangatlah diharapkan oleh penyusun, agar kedepannya dapat lebih baik dan lebih bagus lagi.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Makalah CAD 2016 2D perkapalan polbeng 2017

LAPORAN PRATIKUM CAD 1 (COMPUTER AIDED DESIGN)   DOSEN PEMBIMBING: Afriantoni,ST.MT Akmal Lazuardy,ST.MSc ...